PELATIHAN PEMBIBITAN JAMUR TIRAM

admingalungan 25 Oktober 2024 12:21:53 WITA

Galungan, Jumat 25 Oktober 2024...Guna meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam peran sertanya dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan perekonomian keluarga, Pemerintah Desa Galungan  mengadakan pelatihan pembibitan jamur bagi pengurus PKK dan kader-kader kesehatan desa.

Pelatihan yang mendatangkan narasumber langsung dari Busung Biu Bapak Dewa Rai yang memang sudah berkecimpung di bidang jamur selama bertahun-tahun membahas tentang proses pembuatan baglog/tempat tumbuh kembangnya jamur, media tanam yang digunakan dari pemilihan serbuk kayu, proses pencampuran bahan media tanam sampai pada proses sterilisasi media tanam dari bakteri agar pertumbuhan jamur baik.

Selain media tanam hal yang tak kalah penting adalah tempat yang akan digunakan untuk meletakkan baglog-baglog yang telah berisi bibit jamur, hal penting yang dimaksud disini adalah tentang kelembabannya agar jamur tidak menjadi kuning jika medianya terlalu kering, juga harus terkena sinar matahari walaupun tidak secara langsung. jika media tanam kering perlu juga dilakukan penyiraman secara berkala namun tidak boleh terlalu sering.

Untuk menambah antusias dan semangat dari peserta pelatihan diakhir acara Pemerintah Desa yang dalam hal ini diwakili oleh Perbekel Galungan I Nyoman Suksema memberikan baglog yang telah berisi bibit jamur secara simbolis kepada Ketua PKK Desa Galungan Ibu Ni Nyoman Puspayani. Diharapkan masing-masing peserta pelatihan dapat mengamati dan saling berbagi informasi tentang proses pertumbuhan jamur dan kendala-kendala yang dihadapi sehingga akan semakin banyak ilmu yang akan didapatkan.

Komentar atas PELATIHAN PEMBIBITAN JAMUR TIRAM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Channel Telegram

Fans Fage

Lokasi Galungan

tampilkan dalam peta lebih besar